Tuesday, May 31, 2005

dari Karikatur, Pameran & Workshop Boneka hingga Adegan SYUUR

bersyukur pekerjaan baruku di sebuah instansi pemerintah belum sibuk benar, setiap pukul 16.00 tepat aku sudah bisa cabut. jarak antara kost dan kantor yang cuma 250 m bisa kutempuh dgn jalan kaki sekitar 10 menit. sekedar ganti sepatu & tas, aku langsung mencanangkan program I Like Monday-ku minggu ini.
Program I Like Monday-ku minggu ini adalah melihat Festival Film Perancis di TIM, beruntung punya tempat kerja dan kost di tengah kota jadi perjalanan ke tempat yang dituju cuma butuh waktu 15 menit! Aku benar2 rindu suasana TIM, setelah JIFEST akhir tahun lalu, aku belum sempat ke sana lagi. Selalu ada kejutan2 di luar rencana bila aku mengunjungi tempat itu. Seperti melihat latihan teater anak2 IKJ yang membuat aku hikhikhik..terharu krn teringat pengalaman berteater waktu SMA dulu. Atau melihat latihan monolog, yang mengingatkan aku saat masih imut (SD,SMP) dan sering ikut lomba baca puisi. Ehm...rasanya ingin terlibat lagi kegiatan2 itu, andai sehari ada 30 jam, aku pasti ikut ambil bagian dengan bermacam kegiatan seni dan budaya itu!
Sampai di TIm jam 16.20, langsung menuju Galeri Cipta 2 melihat Pameran Karikatur Tunggal karya Pramono R. Tramoedjo. Kartunis kelahiran Magelang 62 tahun lalu ini, patut diacungi jempol! Hampir 100 karya yang dipamerkan syarat dengan kritikan. kata-katanya singkat namun bernas, lucu dan mengena. aku kadang tertawa, sedih dan terharu melihat carut marut bangsa kita yang ditampilkan dengan lugas dalam karikatur-karikaturnya. Selamat Pak Pram, teruslah berkarya!
menjelang maghrib, aku bergegas ke masjid Amir Hamzah. setelah menghadap-Nya, segera kuisi perutku dengan makanan kecil di pinggir jalan TIM. bagiku membeli makanan di kantin 21 adalah kebodohan! harga sebotol aqua bisa ngawur kalau beli di situ ( maklum anak kost, pengiritan itu harus!).
berhubung TIM 1 mulai setengah jam lagi, aku sempatkan melihat Pameran & Workshop Pembuatan Boneka di gedung sebelah 21. Kenangan masa kecil langsung merengkuhku, teringat layar TV hitam putih yang setiap minggu pagi menayangkan Film Boneka Si Unyil. ah senangnya menjumpai dan menyentuh tokoh-tokoh dalam film tersebut. meski prihatin sedikit karena beberapa bagian wajah tokoh tersebut sudah rusak dan pakaian yang dikenakannyapun sudah kusam tak terawat. sejenak kemudian menyaksikan profil Drs. Suryadi yang tengah di putar di video, tokoh yang kita kenal sebagai Pak Raden tersebut ternyata orang yang penuh kreatifitas dan dedikasi! seorang bujang lapuk yang juga pencinta kucing, punya kepedulian besar dengan pendidikan dan dunia anak-anak. luar biasa, aku kagum dan berharap bisa seperti dia!
jam 19.00 kurang 5 menit, aku udah antri di depan studio 1, maklum karena kursinya bebas dan penonton lumayan banyak, aku harus dapat tempat di deretan bangku atas bagian tengah. akhirnya dapat duduk di deretan c no.7. tepat pukul 19.05 film pun diputar.
Right Now, begitu terjemahan judulnya dalam bahasa inggris, sebuah film drama yang menceritakan pencarian identitas seorang wanita muda. jatuh cinta dengan seorang perampok bank, lalu bertualang bersama lelaki tersebut dibeberapa negara (spanyol, maroko, turki) sampai uang hasil rampokan habis dan dia ditinggal sendirian di bandara turki. bertemu seorang lelaki lebanon yang ternyata germo, dia kemudian dijual pada lelaki kesepian. untungnya dia berhasil kabur. lalu ditolong seorang wanita penjaga toko yang menawarinya pekerjaan yang sama dan tempat tinggal. mau nggak mau dia terlibat kehidupan lesbian karena wanita tersebut seorang lesbian. merasa hidupnya hancur, nekat dia mengajak kencan dua pria sekaligus pada suatu malam! namun petualangannya berakhir saat ia sadar, bahwa ia masih punya orang tua yang menyanyanginya! akhirnya ia pulang ke Prancis dan melanjutkan hidupnya kembali!
aku lebih sering menahan napas menyaksikan film tersebut. bagaimana tidak? film perancis gitu lho! dimana adegan2 syuur dan nudies habis benar-benar tidak disensor. tengok kanan dan kiri tidak ada yang menutup muka dengan tangannya saat adegan syuur itu berlangsung! ya sudah, dinikmati saja, namanya juga rejeki hehehehe........
jam 20.35 film selesai, puas kerena bisa melihat film dengan alur dan tema yang lebih daripada film hollywood. dan berjanji akan menonton satu film lagi sebelum festival berakhir. pulang dengan kelelahan sempurna sambil membayangkan sepiring mie rebus dari tukang nasi goreng langganan! ehm...nikmatnya.
program I like monday akan selalu berlangsung. namun untuk minggu depan aku belum tahu akan kemana.
Senin, aku selalu menunggumu!

at 12:04 AM

7 Comments:

Blogger Lili said...

Kalau ada Jiffest gituh, Ummi suka kelewatan. Tunda2 nontonnya, akhirnya berkahir deh festival filmnya, jadi cuman dengar2 ajah dari teman2 yg nonton.
Film2 INdi-nya keren2 yah? Hollywood lama2 ngebosenin, buktinya lagi sering mengadaptasi film2 dari Box Office Asia, udah gak ada ide kali yah?

5:46 AM  
Blogger Nauval Yazid said...

seneng kalo liat ada orang yang passionate ama sesuatu yang dia senengin, dan ngelewatin hari nya dengan ngerjain sesuatu yang dia senengin itu :)

fyi, rekomendasi ku buat film prancis yg patut ditonton nih:
- Clean
- Comme une image

dah :)

9:35 PM  
Anonymous Anonymous said...

rio

kok nggak ngajak2 pak:D. kantorku juga deket lho ma tim:D.

11:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

rio

kok nggak ngajak2 pak:D. kantorku juga deket lho ma tim:D.

12:09 AM  
Blogger bagus_aa29 said...

aku takut ajak kamu, ri. soalnya jadwalmu padettttt banget. ngalahin seleb paling laris di dunia.hehehehe

3:50 AM  
Anonymous Anonymous said...

monday program nya , utk ngeliat yg kayak " pak raden " ataw ngeliat film P'cis yg "nude" ngalah2in flm hollywood ?

6:32 PM  
Anonymous Anonymous said...

hmmmm

10:13 PM  

Post a Comment

<< Home

  • didats