Wednesday, April 27, 2005

aku lelah

.......................................................
kucoba untuk menepis harapan
namun, kau tetap ada
.......................................................
( by Rio Febrian)


Tuhan, aku lelah meniti....istana pasir yang kukira cukup sempurna bagi jiwaku yang kerdil, kini luluh lantak! aku cukup mengira jarak saat membangunnya. kuhitung, bahwa riak kecilpun tak akan sanggup berlari ke arahnya.
istana yang kubangun dengan puing-puing hati, dengan dera cinta yang merekatkan bata demi bata, dengan airmata yang membuat kapur dan semen tercampur sempurna, dengan kenangannya yang menjadi mozaik indah penghias langit-langit dan dinding. dengan jejak langkahnya yang membuat aku hangat di dalamnya, dengan semua milikku yang membuatku kehilangan rasa....
Tuhan, maaf bila aku menolak gelombang. mengharapkan surut terus menerus, jelas tak mungkin. dia akan sejenak bergulung mundur, namun akan kembali menghantamku.
Tuhan, aku lelah!

at 5:40 PM 26 comments

Tuesday, April 26, 2005

tolong, jangan datang lagi

aku tepikan getarannya, aku alihkan dengan bayangan kegetiran bila kelak terluka. aku belum cukup keberanian untuk mencintai dan dicintai. keduanya adalah pilihan pelik yang tak ingin kuambil.
bila aku tersiksa karena getaran itu tak juga reda, biarkanlah! perjalanan telah mengajarkanku banyak hal, bahwa saat getaran datang lalu pergi, aku tetap tak mampu mencicipi cinta meski sekecap.
cinta sepertinya "mantra sakral" yang tidak layak terucap dari lidah sudraku.
GUSTI, butakan aku dari cinta. tulikan aku dari rayunya. bekukan aku dari bara hasratnya. karamkan aku dari liar arusnya. surikan jiwaku dari geliat tumbuhnya. bila perlu, hentikan napasku dari aroma hidupnya.
GUSTI, bila aku harus hidup tanpa cinta, aku terima garisku. mungkin hidupku lebih berarti tanpanya?

at 4:34 AM 4 comments

Thursday, April 21, 2005

SEKALI LAGI.....KEKAGUMAN!!!

sehari sebelum keberangkatanku ke cirebon (senin 18 april), aku menghadiri acara di KOWANI. acara yang sedikit mengejutkanku, karena tanpa sengaja kesempatan langka itu kembali aku peroleh. Thanks GOD! aku bertemu dengan wanita-wanita hebat, ada Ibu Agum Gumelar, Dewi Motik, Martha Tilaar dan berpuluh wanita hebat lainnya....dan yang mengesankan adalah kesempatanku mengajari membuat batik bagi Menteri Urusan Wanita dari Aljazair. aku yakin, setelah suami dan anak-anaknya, akulah orang yang diijinkan memegang tangannya ( he...he...kalian boleh iri deh!). kekaguman bukan hanya terbatas pada nama besar mereka, atau prestasi mereka tapi juga pada ketegaran mereka dalam melewati proses yang panjang untuk memperoleh semuanya!!
kekagumanku berlanjut pada 2 hari kunjunganku ke cirebon. pada teman2 baruku di rombongan, sebut saja F. seorang wanita mandiri yang sangat cerdas dan sukses dalam karir. namun selalu membumi dan rendah hati.
juga pada Steve, si amerika yang ternyata pernah kerja di Discovery Channel, yang kaya akan pengalaman luar biasa sebagai antropolog, yang penuh dengan kesahajaan seorang ilmuwan, yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapai. salut untukmu Steve!
juga untuk Pak Katura, yang baru saja memperoleh rekor muri untuk lukisan batik terbesarnya. aku masih perlu banyak belajar dari beliau.
terlebih buat Yumiko, yang lebih Indonesia dari orang indonesia asli. kau membukakan mataku bahwa untuk memperoleh nama besar dan keberhasilan kita perlu....waktu dan kesabaran.
berbaris kekaguman lainnya untuk para sahabat blogg-ku: dQ yang kreatif abis,Yna yang mahir komputer, Irvan yang ternyata dalam banget pengetahuannya soal seni & mode ( nguping omonganmu dgn Nana), Nana yang suka travelling n guyonanya gak garing, Bowo sang campium di bidang nuklir, Doel yang pasti pinter krn sudah melanglang buana, Mas Wisa yang pasti juga jagoan dgn bidang engineering dan tentu saja professor Nizar yang meski muda tapi luar biasa. dan para blogger lain yang kedalaman pikirannya dapat saya rasa dan raba: bahwa mereka adalah orang2 yang luar biasa!!!
thanks semua, kalian memotivasiku untuk selalu meraih yang terbaik. walau tidak seluruhnya, karena keterbatasanku sebagai manusia! tapi kalian mengilhamiku untuk meraih mimpiku betapapun terjal jalan yang harus kutempuh!
thanks, you're my ispiration!!

at 7:53 AM 6 comments

Monday, April 18, 2005

YUK JALAN-JALAN

berhubung waktu dan uang lagi berlebih (padahal gratisan!), mulai selasa subuh sampai minggu sore bakal kuhabiskan di Cirebon. Jadi, Yang Dipertuan Agung Pribagus Mangunsarkoro Priambodo ( kepanjangan ya?) pamit dulu dari dunia blogg.
DILARANG NITIP OLEH-OLEH SEBELUM MENUNJUKKAN BUKTI TRANSFER (kecuali IRVAN n NANA, karena jatah yang lain dihabiskan oleh mereka)
aku pasti kangen dengan kalian semua. sampai jumpa SENIN depan ya! take care!

at 7:04 AM 5 comments

Sunday, April 17, 2005

TAK ADA LIBUR

pekan yang seru, pendopo batik makin ramai wajah2 baru, ada Natasha si Rusia yang doyan urap, Steve yang suka warna alam juga anak muda (lupa namanya) dari Jepang yang sebentar-sebentar bilang..thank you. belum lagi trio wek-wek (ibu-ibu setengah baya yang bawelnya minta ampun! biasa, para penderita post power sindrom) yang terdiri dari eks- pejabat di Departemen Peranan Wanita dan seorang pelukis. sebentar-sebentar terdengar panggilan...mas agus, cantingnya mampet...mas agus, bagaimana bikin isen-isennya......mas agus, ketetesan nih. bisa hilang nggak?....(awas ya aki K! kalau ada peserta baru yang bawel, jangan sebut-sebut namaku sebagai instruktur. aku di sana kan cuma siswa senior)
sabar,sabar, istiqfar...seorang pejabat yang baik adalah seorang pelayan yang handal ( berarti aku ada bakat jadi pejabat dong? ha..ha...ha)
minggu ini juga penuh acara makan-makan, rabu salah satu karibku berulang tahun dan kami rayakan berempat di Balikpapan malam minggunya. seru! bernostalgia lagi, mengenang kantor lama yang sudah kutinggalkan.
ada lagi yang ulang tahun kepagian, seharusnya tgl 18, berhubung yang bersangkutan akan jalan-jalan ke Spanyol selama 2 minggu, ulangtahunnya dimajukan hari jumat. sederhana tapi penuh kekhusyukan! ( aku nyaris nangis, saat doa yang panjang itu diucapkan!) selamat ulang tahun Bu A, semoga janurnya cepat melengkung!
sabtupun tak kalah seru, 250 anak, 50 orangtua & guru, 30 mahasiswa UNJ tumplek blek ke museum! celoteh, senda gurau mereka kalau diukur dalam skala rifter tak kalah dahsyatnya dengan gempa Nias!
memandu mereka membutuhkan tenaga ekstra, tapi tetap saja menyenangkan! melihat rasa penasaran mereka, rasa kagum mereka dan tentu saja pujian mereka....ini pak agus yang buat? luar biasa, bagus sekali! ( dipuji seperti itu, hidung kembang kempis dan kepala langsung bengkak! )
hari sabtu terpaksa nglembur, selesai dengan keributan anak-anak, sms singkat bu A menahanku pulang....gus, jangan pulang dulu. bantuin saya nyiapin workshop di cirebon....
duh, ketiban sampur (dapat tugas) lagi! biasalah, menjadi tim inti yang harus mengurusi tetek bengek urusan akomodasi 65 orang peserta.akhirnya jam setengah tujuh malam kelar dan aku langsung meluncur ke Balikpapan untuk acara makan2 gratis!
acara makan terganggu sms Bu A lagi....gus, senin jangan libur ya, kamu n Bu K demo di Kopwani di jalan Imam Bonjol, sebentar kok. tapi kalau sudah selesai balik ke museum dulu, nyelesain semua keperluan buat ke Cirebon...
( ampun! tidakkah ibu tahu kalau hari Senin adalah Hari Menonton Hemat Nasional? Film barunya Bruce Willis sudah menanti! Lagipula aku kan harus berkemas karena selasa subuh harus berangkat ke Cirebon.)
aku tak pernah bisa menolak, singkat kujawab...baik bu.....dan setelahnya hp kututup. aroma ikan bawal, cumi, udang, kerang darah dan cah kangkung sudah mengaduk-aduk perutku. sikat abis!
minggu di tengah kesibukanku mempersiapkan akomodasi, IRVAN telepon...gus, aku udah di depan...tanpa menanyakan ciri-cirinya bagaimana, aku langsung melesat menyambut tamu agungku. terpaksa miss call untuk mengenali si empunya hp! IRVAN yang lucu datang dengan NANA yang rame! pasangan yang solid, kentara ada chemistry di antara mereka! setelah mencela karyaku, keliling museum sebentar dan makan pecel, mereka pulang. IRVAN ada janji dengan dQ mo berenang, pengin ikut sih. tapi daripada malu karena gak bisa berenang mending gak ah. lagipula pekerjaan masih menumpuk!
selepas asar kelar juga semuanya, bersama teman2, mengantar kepergian Bu A ke Airport. walaupun cuma berpisah 2 minggu, tetap saja ada perasaan yang bgmn gitu lho!......gus, titip museum ya, tolong atur semua acara di cirebon...juga rombongan ESMOD...kalau ada apa2, sms saya.....
aku manggut-manggut, sedikit sedih, amanah ini harus kupikul kini. semoga aku bisa melaksanakannya dengan baik.
Selamat jalan Bu, nikmatilah perjalanan ibu. Apa yang ibu dapat setimpal dengan kerja keras ibu untuk memajukan Museum! Gracias atas kepercayaannya yang tak terhingga!

at 4:52 AM 6 comments

Friday, April 15, 2005

BOLU KETAN ITEM

entah kenapa, soal asmara aku sering dijadikan tempat cur-hat. padahal pengalaman soal mencintai dan dicintai nyaris gak ada, cuma sepasang kuping kecil yang setia mendengarkan keluh kesah dan komentar singkat untuk memberi dukungan.
lagi-lagi cerita patah hati, setelah Gaby terluka, kini giliran Mbak N. ceritanya sudah berminggu-minggu yang lalu. keresahan khas cewek, di usia yang lebih dari 30, belum juga dapat pendamping. ada pacar tapi masih mengejar kemapanan, beda kota ( sebenarnya deket sih, jakarta-bandung!) dan masing2 jarang punya waktu untuk saling menguatkan cinta yang ada. sang pria kukuh menunggu kaya untuk mengikat komitmen. sering cemburu dengan jarangnya mbak N menanyakan kabar atau ber-say hello di telepon.
mbak N, yang tipe cewek mandiri merasa tidak perlu seperti anak abg pacaran, sedikit-sedikit telepon, sedikit -sedikit minta ketemu, sedikit-sedikit kangen, sedikit-sedikit minta tolong......
" aku mo putusin dia. gak berujung pangkal hubungan kami.dia minta waktu setahun lagi."
" istiqaroh dulu."saranku
" nunggu mapan, punya rumah, punya..bla...bla...bala.Alasan! emang aku cewek matre? aku gak butuh harta, rejeki tidak kemana kok. lagipula aku juga bisa cari uang! aku cuma perlu suami yang bisa menjadi imam..."
" kalau begitu putusin saja."saranku lagi ( bukan ngomporin lho)
" tapi saran orang2 tua, aku disuruh bersabar. sudah lima tahun lho, gus."
aku manggut-manggut...diam seribu kata.
" kalau aku jadi putus, aku akan bikin BOLU KETAN ITEM."
"apa hubungannya?"
" gak ada, pengin aja. bubarannya tunggu pas tanggal jadian.biar hitungnya gampang."
jumat kemarin, mbak N benar-benar bawa BOLU KETAN ITEM.
"berarti?"
dia mengangguk,"kemarin dia datang. aku bilang kita udahan dulu. dasar cowok, dia cuma bilang..ya udah kalau itu maumu. sebel nggak?"
" mbak nggak pa-pa kan?" cemasku
"sakit sih gus, tapi aku jadi doyan makan."
(ha...ha...ha..syukurlah, akhirnya ada orang yang putus cinta tapi doyan makan!)
mbak N, jangan sedih ya! saatnya, akan ada cowok yang bisa melihat dengan mata hati bahwa mbak adalah wanita yang luar biasa...sabar ya, tunggu saja!

at 5:32 PM 3 comments

Wednesday, April 13, 2005

TOB ( Tulalit bin Oon bin Bebal )

You're not to smart, are you? I like that in a man
( Kathleen Turner in BODY HEAT )

buku Mahir Berbahasa Perancis dalam Sepekan hanya mampu kubaca 2 halaman, itupun sekedar membahas petunjuk pengucapan, vokal, vokal sengau, semi vokal dan konsonan. selebihnya aku bolak-balik,bolak-balik lagi .....tanpa sedikitpun nyantol di otak!
duh bebalnya! ilat (lidah) jawaku benar-benar kagok. aku jadi ngeper kalau tanggal 23-24 nanti harus menemani rombongan ESMOD ( beberapa diantaranya orang perancis ) ke Cirebon. masa aku hanya jadi pelengkap-penderita? jadi objek? jadi pendengar pasif? walaupun ada pemandu, sebagai tuan rumah harusnya aku bisa ngomong walau sekedar sepatah-dua patah kata.
ampun! inilah kelemahanku dari dulu. jangankan bahasa perancis, bahasa daerah lainpun aku gak bisa mempelajarinya (pernah setahun di Tasik, yang aku hafal hanya ungkapan kasar dalam bahasa Sunda). bahasa inggrisku? setali tiga uang, 6 tahun + 2 semester tetap saja grammar, vocab-ku kacau!! dua hari yang lalu saat mentorku di museum minta tolong bikin surat pernyataan untuk siswa dari Kenya, aku pura2 menyanggupi sambil ber-sms ria minta tolong teman yg gape untuk bikin Statement Latter.M, kamu baik deh...makacih ya udah repot ngetik & faks suratnya... (bagaimana nanti kalau jadi ambil S2 ya? berapa score TOEFL-ku? ah, nanti saja dipikirin!)
buah duku, buah kedondong. belajar dong!
udah...udah! tapi kecepatan otak dan kelenturan lidahku memang jauh di bawah rata-rata.
tapi...yang terjadi-terjadilah! toh aku masih punya andalan untuk menghadapi bule-bule itu. keep smile! pakai bahasa tarzan juga bahsa tubuh! it's enough!!

at 5:56 PM 5 comments

Monday, April 11, 2005

U M A R

nama itu kudapat dr suami ibu M, tepat pergantian tahun kemarin. resmilah nama belakangku ditambah ..UMAR . singkatan dari Untung Masih Ada Rambut. jadi semua namaku dihubungkan dengan kelangkaan rambut di kepalaku ; Agak GUndul Sedikit Untung Masih Ada Rambut! kejam!kejam! lengkaplah bahan ejekan bagi teman-temanku menyangkut sedikit...BOTAK di kepalaku!
terlalu berlebihan sebenarnya kalau dikatakan botak, nyatanya masih ada rambutnya kok. tapi ya tipis, terutama bagian depan. pertumbuhannya memang lelet, masa 3-4 bulan cuma numbuh 1 - 2 senti!
sudah bermacam cara kulakukan, dari lidah buaya, lidah mertua, bahkan lidahku sendiri..he..he
creambath,hair tonic, minyak kemiri, ginseng, pantang pakai topi. pokoknya sampai kepalaku penat dijadikan bahan eksperimen.
menyangkut letak botak, sering jadi bahan olok-olok untuk para suami. kalau letak botaknya di atas jidat, berarti sering di "jenggung" istrinya karena (MAAF!) pelayanannya kurang memuaskan! kalau botaknya di tengah kepala,it's good! berarti ( MAAF LAGI YA!) istrinya puas atas service suaminya sehingga minta lagi...lagi...dan lagi sambil menekan-nekan kepala suaminya! ada -ada saja! ( cerita ini hasil nguping pembicaraan ibu-ibu dari Deplu waktu berkunjung ke museum minggu lalu. Dasar ibu-ibu, selalu saja punya bahan rumpian seru!)
kalau diurut-urut faktor gen-lah penyebabnya.ayahku dan paman-pamanku semuanya botak. ayahku botaknya di tengah kepala...terbukti, anaknya banyak. aku kok botaknya di depan, berarti nanti aku termasuk suami yang......?!* (bodo ah!)
toh kebotakan bagi sebagian orang adalah tanda kesuksesan, kedewasaan dan kecemerlangan otak! lihat saja professor nizar, professor bowo, professor dQ, professor agus item....( semuanya botak. emang kalian botak ya?)
di samping botak, masalah krusial lain adalah ...rambutku ikal! mengerikan! aku sering membayangkan kalau rambutku panjang sedikit pasti seperti Rhoma Irama, Meggy Z, Hamdan ATT, Chacha Handika bahkan Ahmad Albar ( dia juga jago nyanyi dangdut..zakia..zakia ).karena itu aku gak pernah berani memanjangkan rambut,begitu numbuh lebih dari 2 cm pasti aku rapikan atau babat habis!
orang tuaku memberi nama yang luar biasa, sebab kalau kureka-reka namaku berarti ADA PRIA BAGUS, BAIK, LEMBUT dan PENUH KASIH SAYANG. ( bukan pula singkatan dari Anak GUSuran! kalau GUSUR di Lupus sih beken!)
Pokoknya aku ini tipe COWOK IJO LUMUT, cowok yang Innocent, JOmblo, LUcu dan iMUT!!
( boleh dong muji diri sendiri!)

at 6:41 PM 13 comments

Sunday, April 10, 2005

GABY...please, don't CRY!

................
letakkanlah tanganmu di atas bahuku
biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
................
(usah kau lara sendiri ; katon & uthe )
............
maaf, bermilyar detik kulalui tanpa mengingatmu dan kukira kaupun sedemikian sibuk hingga tak juga menyapaku.
nuraniku menuntun untuk mengetahui kabarmu, aku rindu berbaris kalimat inggris yang aku tahu sangat fasih kau ucapkan. rindu kalimat penghiburmu yang membuatku menerima apa adanya diriku. rindu untaian filsafatmu yang mencerminkan kedalaman pikirmu.
kiranya kau tengah gulana, kehilangan tambatan hati gantungan jiwa. duka serupa itu tidak akan sembuh oleh waktu, karena bukan dia yang menyembuhkan, tapi kau sendiri.
aku tidak akan menilai bahwa limbungnya dirimu karena kau rapuh, superhero-pun akan kehilangan digdaya saat hatinya terluka.
andai tempatmu selempar pandang, aku akan menemanimu mengemas kenangannya dalam jurang dasar bumi. andai buaian angin mampu menyampaikan suaraku, akan kunyanyikan seluruh lagu yang kutahu untukmu. andai aku mampu menyimpan mentari, akan kubuat malam berganti malam biar kau selalu terlelap hingga berhenti mengingatnya. andai bahuku selebar cakrawala, akan kurengkuh kau, akan kubiarkan tangismu bersandar padanya dan akan kubagi airmatamu pada bentangan awan agar menjadi hujan yang meringankan terik. bila matamu sedekat telunjuk, biar kugantikan matamu dengan milikku agar kurasakan deraan risau karena cinta.
namun semua itu tak kuasa kulakukan karena bentangan jarak. tapi bayangkan aku ada disisimu selalu. menemanimu menghalau resah malam, menopangmu saat goyah berjalan. memayungimu saat silau menyengat pun saat rintik berubah deras. kau tahu, aku selalu ada untukmu!
putaran dunia tidak sesingkat komedi putar, kau punya kekuatan yang akan menuntunmu bangkit.tunjukkan padaku kau mampu melakukan! bukan untuk membuktikan padanya kau masih ada. tapi untuk membuktikan padaku bahwa cinta tidak selalu melukai.
percayalah, yang pergi akan tergantikan. tetaplah membuka hati untuk cinta! sandungan kali ini akan membuatmu dewasa dalam menerima, menghargai dan merawat cinta.
GABY, jangan menangis lagi. mari menyemai cinta kembali. cinta yang meneduhkan, yang selalu kau tebar pada semua orang!
(dedicated to GABY, my email-freind)

at 10:35 PM 4 comments

Wednesday, April 06, 2005

AYAT - AYAT CINTA

wahai orang yang lembut hatinya...
kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan petistiwa................
( 159; from Noura to Fahri... AYAT-AYAT CINTA by Habiburrahman El Shirazy )
Fahri.....Fahri! kau bikin aku iri! maha dahsyat kekuatan cinta dan kasihmu! bersyukur penuh orang-orang yang mencintaimu dan dicintai olehmu.
( Tuhan, jika ada cinta serupa itu....tuntunlah aku ke arahnya!)

at 6:40 PM 6 comments

S E L I N G K U H

dia membalikkan tubuhnya ke arahku,"matamu indah."
"seperti apa?"
"seperti cembung embun di pucuk kelopak mawar."
"kalau kau mengaguminya, kenapa aku harus meninggalkanmu?" aku mendekatkan wajahku padanya, hembusan napasnya begitu lembut.
"karena kau tidak membutuhkanku."
aku coba tersenyum,"aku terlalu egois? begitu menurutmu?"
dia mengangguk, mata kami bertemu dan beribu cinta terjebak dalam beningnya.
aku bangkit dan membenahi pakaianku,"aku harus pergi sekarang."
dia tidak berusaha mencegahku.padahal itu yang kuinginkan! aku ingin sekali saja mendengar permohonannya. begitu kuimpikan kata-kata: jangan pergi! tinggalah denganku menghidupkan waktu! atau: jangan tinggalkan aku! mari meraup cinta sekali lagi!
dia masih tergolek di ranjang, aku mendekatinya," mengapa kau tak pernah memintaku tinggal?"
"bisa saja ragamu disini, tapi tidak cintamu."
"kau masih mencemburuinya?"
dia mengangguk pelan,"pergilah! aku sudah cukup bahagia menjadi budakmu."
aku menutup pintu tanpa menoleh. kuyakinkan untuk melupakannya segera, walau kata hati menolak bersekutu. karena cintaku telah tertinggal dimatanya!!

at 5:57 PM 7 comments

Tuesday, April 05, 2005

Apa aku bisa seperti mereka?

diskusi warna alam dan serat yang berlangsung kemarin ( 5 april) menyisakan banyak pertanyaan. setidaknya aku lega, acara yang aku pikir berlangsung sederhana ternyata dipenuhi audiens dari berbagai perguruan tinggi; ITB, UNJ,UNS,ISWI, beberapa sekolah mode di Jakarta dan juga pencinta tekstil dan kain. kesibukanku terlibat dalam acara itu terbayar dengan antusiasme-nya mereka! thanks God!
pertanyaannya adalah apakah aku bisa sehebat mereka; Prof. Yusuf A( Dosen Kriya Tekstil ITB & Dekan FSRD Trisakti), Nelwan Anwar ( Desainer Serat), Sonny Muchlison ( Desainer & Dosen Kriya Tekstil IKJ )??
rasanya aku masih perlu banyak belajar ; mendengar, melihat, berdiskusi & mau menerima kritikan dari orang lain...tidak cepat puas (apalagi sombong!)......idealis! ( masih diperlukan untuk membuat karya2 yg mengagumkan!)
selanjutnya aku harus belajar untuk bangkit dari kegagalan ( meski menyakitkan! meski harus jatuh dan bangun beribu kali!)....belajar menghargai karya orang lain.....dan belajar menerima kegagalan! ( setelah berupaya sekuat daya, namun tak juga berhasil!)
kalau mereka bisa, Insya Allah, aku akan berusaha ke arah itu......semoga terbuka segala kemudahan untuk mencapai mimpi-mimpiku!

at 6:12 PM 8 comments

Monday, April 04, 2005

KRUPUK

setiap mendengar bunyinya di mulut, beribu episode tentang "krupuk" kembali tergelar! terkenang masa-masa sulit saat mempertahankan hidup dan menggapai impian!
masa kecil dan remaja aku habiskan dengan krupuk! pulang sekolah, membantu ibu membungkusi krupuk, selepas ashar mengantarkannya ke warung-warung....setelah itu ke toko bahan krupuk untuk dibuat adonan oleh ibuku keesokan harinya.
itu belum cukup, minggu pagi selepas acara kuliah subuh di sekolah, mengiris 'calon krupuk' yg bentuknya serupa 'roti prancis'....selesai itu, menatanya di tampah untuk dijemur....dan siang harinya kembali membungkusi krupuk .
kapan aku beristirahat? tak terpikir! bagaimana besok harus hidup itulah yang aku pikirkan! (walau sebenarnya itu di luar jangkauan pikir anak seusiaku, namun keadaan telah mematangkanku!)
bertahun-tahun bergumul dengan krupuk, tidak membuatku membencinya! aku sangat menghargainya! dengan krupuk, aku belajar bertahan hidup, belajar susahnya mencari uang, belajar bertanggung jawab.....(meski aku kehilangan sebagian besar waktuku untuk berteman. dan menjadikanku anak yang kuper! tapi inilah episode hidup yang harus kulalui!)
terima kasih krupuk! tidak semua orang memperoleh keistimewaan untuk mengenalmu! mengenalmu, membuat aku menghargai kerja dan hidup!
( bu, istirahatlah! semua putra ibu sudah mandiri! biarlah krupuk menjadi kenangan yang indah dalam hidup kita!)

at 6:15 PM 92 comments

Sunday, April 03, 2005

Friends....kaulah segalanya!

sahabat adalah butuhan jiwa yang mendapat imbangan
dialah ladang hati, yang dengan kasih kau taburi
( Kahlil Gibran )
puji syukur, syukur dan rasa syukur yang penuh....dalam keseharianku di Jakarta yang jauh dari sanak-kerabat, aku jarang merasa sendiri. di sekelilingku ada orang-orang yang luar biasa ( hanya dalam hitungan jari, tapi perannya mampu menopang tegak berdiriku), mereka adalah.... teman. dengan segala bentuknya mereka berperan dalam mengisi hariku. gundah, ceria, terasa beda bila melaluinya bersama mereka.
ehm... aku tak bisa menghitung berapa kebaikan yang telah mereka tebar padaku, dan aku tidak mampu mengukur dengan apa aku membuat impas semuanya! mungkin bukan lewat aku, tapi Gusti Allah mboten sare, lewat tangan-tangan-Nya-lah segala budi baik mereka terbalas!!
Teman, maaf atas segala khilafku.terima kasih......terima kasih..............

at 7:50 PM 3 comments

Saturday, April 02, 2005

Dance with my FATHER again

bila masa dapat diputar, aku ingin mengenalnya lebih dalam. aku kian menyadari ada sisinya yang tak kukenal. yang membuat aku kehilangan sebagian diriku dan hingga kini kucari....sosoknya hadir sekilas, sekalipun tetap melekat kenangannya.
saat prahara datang kau memang tidak disampingku, kau tidak merengkuh bahuku, kau tidak menunjukkan kepadaku bagaimana seharusnya lelaki perkasa menghadapi semua itu ( khas lelaki! jarang menunjukkan kasih sayangnya dengan terbuka)
kalau ada hal yang tak kukenal darimu, bukan salah kita kurasa. mungkin itu misteri yang harus kita pecahkan sendiri-sendiri. dengan ketidakhadiranmu kini, aku bisa membuka sedikit tabir itu.....menjadi ayah(orang tua) ternyata bukan hal mudah! terima kasih kau telah mempercayakan amanah itu padaku, sekalipun aku belum sempurna seperti inginmu!
ayah, maaf telah menafikan hadirmu.tapi aku tahu, di balik angkuhmu tersimpan sejagad kasih yang ingin kau sampaikan dengan caramu. maaf, di saat terakhirmu aku tak ada disisimu. doaku selalu untukmu!! DAD, I LOVE YOU!!!
(jangan risaukan kami, sedaya upaya aku berusaha membuat keluarga kita kembali "bermartabat sebagai manusia. dan memperoleh kembali kebahagiaan yang pernah terenggut dari kita)

at 5:37 PM 4 comments

Friday, April 01, 2005

GREIT.....cintamu !?*

............................................................................
aku berdiri di tengah-tengah lingkaran itu, & mulai berputar-putar sambil berusaha memutuskan. ketika aku akhirnya memutuskan pilihanku, pilihan yang setahuku harus aku ambil, aku menapakkan kakiku menuju ujung bintang yang mengarah ke sana, dan terus berjalan dengan langkah-langkah yang pasti.
( TRACY CHEVALIER ; gadis dengan anting-anting mutiara )

cinta tak selalu datang dengan kegemparan. dia sering hadir dari tatapan bersahaja yang tak membius. dia singgah dengan kelembutan tak kentara. dia membekas karena sentuhan kecil tak sengaja. dia bicara di tengah kebisuan berirama.
cinta seperti itu, tak kalah mempesonanya. menghadirkan kecemasan yang sama besar dengan pengharapan. disertai ketakutan akan kefatalan dalam membaca bahasa tubuhnya, juga keresahan bahwa isyarat itu sekedar rasa kesepian yang beralih rupa.
namun cinta selalu menemukan kebenarannya, walau bukan akhir yang bahagia!!

(sayang filmnya tidak masuk Indonesia. penasaran! apakah filmnya selembut novelnya?)

at 5:34 PM 3 comments

  • didats