Thursday, March 31, 2005

Apakah aku orang berhasil?

serangkaian kata-kata itu kerap melintas dalam pikir. terlebih saat tumpukan masalah mendera dan raga kehabisan tenaga! selalu rasioku akan cepat meresponnya, dengan satu kata yang menyakitkan..BELUM! KAMU BUKAN APA-APA!
namun kata hati selalu menghibur...KAMU BANYAK MENDAPATKAN APA YANG ORANG LAIN TIDAK DAPATKAN!
lalu aku akan membuka mesin waktu, melihat kisah balik perjalananku hingga sampai di titik ini. ternyata banyak hal ( tak terhitung) yang Allah berikan padaku......................................................
-beberapa tahun lalu datang ke belantara jakarta hanya berbekal ijasah sma, tanpa koneksi dll. Allah menunjukkan kuasanya dengan memberiku pekerjaan yang luar biasa. yang tidak hanya memberiku 'gaji' tapi teman dan saudara. meski september kemarin kutinggalkan, aku tak akan melupakannya!
-aku bisa mewujudkan mimpiku melanjutkan sekolah dengan biaya sendiri. Allah kembali menunjukkan kasih sayangnya. meskipun awalnya berat, harus membagi waktu & pikiran untuk bekerja dan kuliah, akhirnya empat tahun selesai dengan hasil memuaskan! ( kendati tabungan tandas tak berbekas! jer basuki mawa bea) .aku tidak begitu peduli dengan gelar yang kuperoleh, tapi aku bersyukur bisa melalui semuanya.
- saat melepas pekerjaan lama dan menunggu pekerjaan baru, Allah membukakan jalan bagiku dengan memperoleh kemudahan menjadi pns. tanpa pakai duit sedikitpun!
-saat menunggu SK turun dan terpaksa menganggur, Allah menggelitik orang museum untuk menempatkanku di sana, memberiku kesempatan ngangsu kawruh, berkarya-berkreasi dan mendapat teman-keluarga baru yang menyenangkan! luar biasa! banyak hal yang tak habis kucerna!
-Allah memberiku amanat yang luar biasa pertanggungjawabannya, menjadi pengganti ayah bagi adik-adik perempuanku sejak 5 tahun yang lalu. jangan tanyakan bagaimana rumitnya, namun Allah senantiasa memudahkan jalanku! kini aku melihat adik-adikku bahagia dengan hidupnya.lega rasanya!
- satu..dua..tiga..semilyar..setrilyun nikmat lainnya yang orang lain tidak dapatkan, itulah deretan kebahagiaanku, juga deretan KEBERHASILANKU! kalau ada yang bertanya padaku, setelah bertahun bekerja materi apa yang kudapat, aku akan menggeleng mantap...TIDAK SEBENTUK DEBUPUN BERBEKAS!
tapi aku mempunyai banyak hal yang tak terhitung dengan indra, aku punya mimpi, punya ilmu, punya teman..................aku punya kesehatan, aku bisa melihat sinar surya setiap pagi dan menikmati kerlip bintang setiap malam....menghirup udara sepenuh rongga dada....................itu kekayaanku yang sesungguhnya. dan sekarang punya teman-teman blogg, yang menambah warna hariku.
Thanks God, semoga segala yang melekat padaku tidak menjadikanku ujub (sombong), semoga aku tetap menunduk untuk melihat banyak orang yang tidak seberuntung diriku!!
( terima kasih ibu, kakak2 n adik2 atas segala dukungan n doanya!!)

at 4:50 PM 26 comments

LOVE StOrY

"cinta berarti tak perlu minta maaf"
( ERICH SEGAL ; love story )

teringat kisah cinta segitiga antar sahabat yang dialami sahabatku. bagiku, berumah tangga seperti meniti titian rambut dibelah tujuh, sekali terhempas perlu kedigdayaan luar biasa untuk mampu menitinya kembali.
kehidupan rumah tangga temanku, sebut saja V, yang masih berumur jagung, terhempas prahara besar. keagungan cinta yang pernah dia ikrarkan bersama D tidak berbekas sedikitpun! masa-masa indah yang pernah terajut menyisakan pedih-perih yang dalam!NA,buah hati yang masih belia, tidak juga mampu menyimpulkan kasih mereka kembali. (TUHAN,jangan perlihatkan lagi kegagalan serupa itu! terus terang, aku semakin takut....)
aku tidak bisa memberikan penilaian objektif untuk mencari sumber kesalahan. bagiku cinta harus selalu diperjuangkan dan dipertahankan oleh kedua pihak.yang aku tahu, ada pihak ketiga yang menyertai keduanya. D, kulihat belum matang sebagai ayah, berangkat pagi pulang pagi,tak jarang pulang dengan bau minuman dan seperti kisah2 sinetron masa kini....ada the other woman!!
V pun demikian, lebih suka memanjakan dirinya sendiri daripada mengurus anak, belanja sana-sini, clubbing.....buntutnya sama, selingkuh!! ( parahnya, dengan O, yang juga sahabat suaminya!)
(TUHAN, pertanda apa ini? serumit itukah membina rumah tangga?)
O sering bertanya kepadaku, harus bagaimana menghadapi kisah cintanya dengan istri sahabatnya.sebagai teman aku berusaha memberinya jalan terbaik. bagiku, tak masalah dia mencintai siapapun, dengan masa lalu bagaimanapun, asal wanita itu seiman dan bukan milik siapapun. aku wanti2,cinta yang tumbuh pada waktu dan tempat yang salah tidak akan mendatangkan kebahagiaan!!
nikmat cinta bukan untuk dikecap sekejab, cinta bisa menjadi pedang yang menikam justru saat kita mengharap kebahagiaan darinya!!
aku tidak lagi memberi waktu baginya berkeluh kesah,sepertinya O tidak akan mendengarkan. bius cinta lebih memabukkan dari sekedar norma dan karma yang bakal ditanggungnya kelak!
kalau akhirnya cinta mereka tidak bersatu, kusyukuri itu! sekalipun O tidak perlu minta maaf pada V atas cintanya. namun O perlu minta maaf pada cinta karena salah mengartikan makna sucinya!

at 5:22 AM 4 comments

Wednesday, March 30, 2005

April.....semoga sehangat Maret

seorang pengangguran sepertiku membutuhkan banyak rencana untuk membunuh waktu, sekalipun tidak sesibuk maret, alhamdulillah sudah tersusun rencana yang membuat hariku berwarna!
yang jelas, tetap berkarya tuk persiapan pameran juni nanti. membayar hutang gambar pada teman-teman;
- bu karsi, selendangnya nanti deh! ibu banyak maunya sih....pokoknya gambarnya gak bakalan rumit.
- bu min, jilbabnya sebentar lagi, ide gambarnya dari Jepang ( tapi bukan komik).pokoknya lain dari yang lain.
- kain-kainku yang menumpuk, sabar ya! nanti akan tiba giliranmu!
awal bulan nanti jadi seksi sibuk nyiapin diskusi warna alam, pertengahan bulan lagi-lagi workshop warna alam, tanggal 20-an studi banding ke cirebon, tanggal 24-25 jadi pendamping rombongan perancis ke cirebon. di tambah ngajarin anak-anak sekolah yang berkunjung ke museum! oh ya, pertengahan bulan nyiapin kejutan buat seseorang yang bakal berulang tahun!
( kalau kemarin-kemarin aku berharap SK buru-buru turun, sekarang gak lagi kok! biarpun museum bukan tempat kerjaku sebenarnya, aku merasa bahagia menjadi bagiannya )
selamat datang april!! semoga tuhan tetap memberiku kesehatan untuk merealisasikan semuanya!!

at 5:25 PM 1 comments

Tuesday, March 29, 2005

F, teruslah mencari CINTA

Dakilah setiap gunung, carilah atas bawah
Ikuti setiap jalan, semua jalan yang kau kenal
Dakilah setiap gunung, arungi setiap sungai
Ikuti setiap pelangi, sampai kau menemukan impianmu
Impian yang akan membutuhkan semua kasih sayangmu (yang ada)
Setiap hari dalam hidupmu, selama kau hidup
(from THE SOUND of MUSIC)
dua lebaran tidak pernah bertemu, juga tidak tahu kabarmu. tiba-tiba namamu muncul di layar hpku. F, senang kau masih mengingatku. terima kasih masih menganggapku sahabat.
dan ceritapun mengalir, didominasi kegundahanmu mencari tambatan hati. kueja daftar teman-teman potensialku untukmu dan kau menolak. " sisakan satu pns untukku." candamu.
dan saat aku menyinggung sebuah nama, serta merta kau menampik untuk membicarakannya.
F, aku tahu kau mencintainya!!! meskipun kau tahu dia pria yang mudah jatuh cinta, kau tak mampu menolak pesonanya.
cinta itu luka! akhirnya kau menepis asa itu demi sebuah persahabatan. ada wanita lain (sahabatmu) yang akan terluka seandainya kau menumpahkan risau rindumu pada pria itu.
kau tunjukkan kelegaan jiwamu dengan menghargai persahabatan melebihi cinta. bagimu, cinta telah cukup untuk cinta . kalau memiliki akan menyakitkan, lebih baik kau tersakiti karena tidak memiliki.
cinta itu berkorban dengan kelapangan, memberi dengan keringanan dan menerima tanpa merasa berhutang.
F, tak usah merisaukan dia. baginya, kau adalah episode kecil yang tak berarti.
teruslah mencari cinta, pun itu seumur hidupmu!!

at 1:18 PM 4 comments

Saturday, March 26, 2005

Bulan yang SIBUK & Minggu yang BERAT

Agak lega aku bernapas, bulan Maret sudah di penghujung. Benar2 bulan yang sibuk, kukira aku bisa mengendorkan syaraf setelah jadi pimpro pameran di pasar festival akhir februari lalu. Membayangkan banyak pekerjaan rumahku yang terbengkalai bisa segera kuselesaikan.
Tapi aku salah, jeda seminggu sudah disibukkan mengajar anak2 asing mengenal tekstil tradisional, selama dua minggu mencoba mempraktekkan bahasa inggrisku yang setengah tarzan. ( jaka sembung naik ojek, yang penting nyambung jack!).
Dan 4 hari dalam seminggu selama bulan ini, road to mall dan belajar jadi jubir museum,"ibu2 batik adalah bla...bla...bla...." Sudah seperti karyawan dinas permuseuman saja, tapi gak apa2 kok selama aku ada waktu, segala daya upaya akan kulakukan untuk membantu. Thanks MUSEUM, aku tahu hutangku padamu takkan pernah impas!
Huh, minggu ini aku nyaris ambruk! Flu dan batuk, memikirkan karyaku untuk pameran yang belum kelar! Perubahan materi soulmate karena plastik yg hendak kugunakan ternyata bikin karyaku hancur! Pusing -pusing!
Tiba2 Bu K menyela," Gus, minta tolong gambarin 15 kaos tuk tk ..., 3 hari lagi diambil. Tolong ya Gus, Putri lagi sakit!"
Klepek2, rasanya mo pingsan, gak mungkin menolak guruku, apalagi beliau juga lagi kerepotan mengurus putri bungsunya yang sakit.
" Baik Bu." sok yakin sanggup. Begadang tiga malam, dengan hidung tersumbat dan tenggorokan gatal.Ah, kelar juga akhirnya....
Jumat-sabtu sementara tidak dinikmati tuk long weekend, ngebut nyelesain soulmate, lagi2 disela sms singkat Bu A...gus, tolong pikirkan acara gunting pita yang sesuai dengan tema pameran ya. pokoknya ibu minta beres.
OK, balasku.ehm masih empat hari ini! biarkan nanti dibicarakan dengan gank bagaimana baiknya.
Sabtu siang, di tengah kost yang kebanjiran nekat bawa soulmate naik ojek, habis daripada rusak kebanjiran.
Aku masih belum juga lega....SK KAPAN KELUAR! ibu udah berkali2 telepon, menanyakan sk-ku kapan keluar. biasa orang tua, mau selamatan! Sejak meninggalkan kantor lama oktober lalu, ( 8 tahun bekerja di sana, ehm...banyak kenangan...semua sudah seperti saudara) aku belum bekerja 9 to 5 lagi. lamaran sudah satu truk kali kukirim, gak ada yang goal, memang aku gak punya daya jual! mentok2nya jadi pns! gak apa2lah yang penting bekerja!
toh selama jadi pengangguran yang banyak acara, aku justru bisa berkreasi n jadi seniman kagetan! ( selalu ada hikmah dibalik kejadian!)
bagaimana caranya menyesuaikan diri lagi ya? memakai sepatu formal, kemeja dan bawa tas kerja? kost mana yang dekat kantor baru? teman2nya asyik gak ya? penuh intrik gak ya?
aku memang masih punya banyak pr!! tapi yang pasti aku mensyukuri berjuta talenta yang TUHAN karuniakan kepadaku. semoga aku tidak lupa cara bersyukur!!

at 2:40 AM 6 comments

Wednesday, March 23, 2005

E, mungkinkah aku muaramu?

aku mencintaimu bukan karena kecantikanmu, tapi kelembutanmu
cintaku antara bayangan dan jiwa
aku tak tahu dimana, kapan atau bagaimana mencintaimu
aku mencintaimu setulusnya, hanya dengan ini kusampaikan cintaku
begitu dekat, hingga tanganmu berada di dadaku
begitu dekat, hingga aku tertidur saat kau pejamkan mata
( for Karen; Patch Adams )

E, aku teringat kali pertama aku tergetar oleh tatapmu. padahal itu yang semilyar kalinya! tapi aku baru menyadari kalau getar itu mengisi lebih hatiku!
E, aku bisa saja mendustaimu hingga kini kalau aku hanya menganggapmu karib. bisa saja aku berdrama seolah aku tidak menyimpan sejuta riak di dada. tapi, aku makin nelangsa karenanya!
kupikir kepergianmu dan jarak bisa membuatku berpaling pada rona yang lain. berharap jingganya senja tidak akan mengingatkanku padamu! berharap rinai hujan tidak mengalirkan sejukmu! berharap pendar pelangi tidak melukis majahmu! isyarat alam mengidrakan dirimu dengan sempurna. dan, aku makin nelangsa karenanya!
E, aku selalu berharap kau belum menemukan muaramu! harusnya akulah yang menjadi muaramu. tapi bukankah itu seperti menangkap lalunya angin? di setiap waktu, kau akan bertemu berjuta pesona yang sedetik saja bisa memikatmu. dan aku tak kuasa mencegahnya!
E, aku ingin kau tahu aku mencintaimu! mendambakanmu melebihi hidupku! kalau kau punya perasaan serupa, kusyukuri itu. tapi kalau tidak, tak perlu kau tahu kalau aku mencintaimu. aku tidak punya digdaya untuk menguraikan syair hatiku.
kurasa aku tidak bisa berpegang selalu pada kenanganmu, aku akan tetap terbelenggu sederhanamu. tapi aku harus membuka hatiku, untuk cinta yang lain! kau tahu, sulit sekali mencintai lagi setelah kau!
( E, akan kucoba menyusuri jejakmu di Bandung saat aku siap untuk menerima penolakanmu!)

at 2:16 AM 2 comments

Saturday, March 19, 2005

Tentang IBU

Dua hari lalu, aku melihat hal kecil yang menurutku luar biasa. Dalam perjalanan mengantar putrinya ke sekolah, seorang ibu membetulkan letak jilbab anaknya yang kebesaran. Disilangkannya sisa jilbab itu ke belakang dan dibuatnya simpul yang manis menyerupai kupu-kupu. Aku lihat binar bahagia di mata gadis kecil itu, sebuah ungkapan terima kasih yang tulus bagi ibunya.
Ehm......aku jadi teringat Ibu;
Ibu, kau memang tidak sempurna seperti anganku, tapi kau tetap yang terbaik bagiku. Berapapun kuhitung baktimu, aku tak sanggup, karena kau adalah lautan kasih tak bertepi. Peluhmu telah mengantarkanku memahami hidup ( meski sebagian tak kupahami sampai kini).
Airmatamu menuai doa dan restu bagi jalan lurus keberhasilanku.Senyummu selalu menghapus dahaga dan mampu menandaskan lukaku.
Aku bukan putra yang sempurna bagimu ( banyak sisi hitamku, yang aku tak ingin kau tahu) dan menjadi yang sempurna dimatamu terlampau sulit bagiku.
Tapi kau pun tahu Ibu, aku mencintaimu dengan segala caraku......................
Ibu....maaf, aku tak selalu seperti harapanmu!!

at 4:15 AM 2 comments

Thursday, March 17, 2005

R E M E M B E R

angkasa tanpa pesan
merengkuh s'makin dalam
berselimut debu waktu
ku menanti..cemas

kau datang dengan sederhana
satu bintang di langit kelam
sinarmu rimba pesona
dan kutahu tlah tersesat
......................................................
( satu bintang di langit kelam by Dewi 'Dee' Lestari)

aku sedang menyelesaikan my soulmate-ku, mata melek-merem menahan kantuk dan tangan sesekali tertusuk jarum. ( diburu deadline nih! seminggu lagi harus selesai)
ditemani suara RSD, aku jadi ingat saat masih imut....
dia lagi! dia lagi! hari gini mikirin mantan pacar! please deh! so, what gitu lho?
ah, kupikir sah2 saja, aku toh tidak bisa membelenggu pikirku agar tidak mengembara ke mana-mana! selama aku masih bernapas, adalah sia-sia untuk menghapus kenangannya!
you always be mind!

at 6:13 AM 4 comments

MASMUNDARI!! akankah aku sehebat beliau?

19.30 wib! datang ke bentara budaya menghadiri acara pembukaan pameran "SEABAD MASMUNDARI", membuat aku jengah, iri dan kagum akan kreatifitas beliau.
perempuan hebat! di usia 100 tahun lebih, masih mampu menggunakan indranya untuk melukis. beliau jelas tidak kenal tetek bengek aliran, apa yang sehari-hari beliau rasakan dan alami, itulah yang tertuang dalam garis dan warna! luar biasa! setiap gambarnya kaya cerita! terkesan naif dan kekanak-kanakan tapi orisinil! semoga ALLAH senantiasa melimpahkan kesehatan bagi EYANG, teruslah berkarya YANG!!
aku jadi membayangkan kira2 pada saat aku usia 100, apa yang masih bisa kulakukan? andai Allah memberiku karunia umur panjang, begini rencanaku :
1. berhasil membuat cerber (bahkan novel) dan diterbitkan
2. tetap menggambar dan melukis ( walau moody!)
3. membatik itu harus! ( sudah seperti makan dan minum, ini kebutuhan!)
4. berpameran ( syukur2 di bentara budaya....impian setiap orang kurasa!)
5. punya galleri
6. punya perpustakaan
7. belajar nyanyi dengan baik dan benar ( sayang suara ini disia-siakan ....kata orang sih bagus!..he..he..he)
8. belajar bidang seni yang lain ( bikin keramik..boleh juga! atau yang lain pokoknya seni!)
semoga Allah mengabulkan sebagian di antaranya (syukur semuanya! ..dasar maruk!)
mulai sekarang, aku akan mencoba tidak menyesali apa yang Allah berikan padaku, semoga berjuta talenta yang Allah karuniakan padaku bisa kujadikan alat untuk membuat hidupku berarti bagi diriku sendiri dan orang lain! (amin)

at 6:13 AM 0 comments

Wednesday, March 16, 2005

Budhe! selamat oelang tahoen

Budhe, selamat ulang tahun! Semoga segala kebaikan senantiasa Allah curahkan kepada budhe dan keluarga! Terima kasih atas segala kasih sayangnya yang tak bertepi, kalian sudah menganggapku sebagai bagian keluarga, sekalipun aku bukan siapa2.
Budhe, aku tidak punya siapapun di jakarta, tapi aku selalu tahu kemana harus bernaung di saat aku limbung dan butuh kehangatan keluarga untuk menyembuhkan lukaku!
Budhe, maaf aku tidak bisa memberi kado apapun, sebentuk kado tidak akan sanggup membalas kasih sayang budhe yang tak terhitung ( he..he.. aku sudah mempersiapkan selendang untuk budhe tapi belum selesai kubatik! maaf ya, budhe!)
Budhe, aku tahu kau resah memikirkan anak semata wayangmu yang belum juga berkeluarga! Percayalah budhe, oshi selalu berupaya untuk itu, mungkin Allah sedang mengatur rencananya!
Budhe, terima kasih atas segalanya!
( Oshi, kapan kau hiasi rumahmu dengan tangisan bayi? Budhe dan pakdhe sangat mengharapkan itu. Awas kalau tahun ini kamu gagal lagi mempertahankan cintamu! Aku sudah bosan mendengar cerita patah hatimu!)

at 2:42 AM 1 comments

Aku bukan LELAKI PILIHAN (impian)

At, ....aku tak tahu harus memulainya dari mana. Aku berbohong saat menjawab teleponmu 2 hari lalu. Aku tahu, saatnya nanti kau akan tahu kebenarannya. Tapi jangan paksa aku mengatakannya, karena aku ingin kau membenciku karena kebohongan itu.
10 bulan lalu, ibumu datang ke jakarta dan membuatku bertandang di rumahmu sebagai tanda hormat karena beliau sudah kuanggap seperti ibuku sendiri ( kita sudah lama di belantara jakarta, tapi tidak pernah bertemu!) Aku tidak punya firasat apapun saat itu, kedatanganku hanya untuk mempererat tali sirahturahim antara kita.
Ibumu bertutur tentang dirimu, kegundahannya karena di usiamu kini kamu belum juga punya pendamping ( kekawatiran khas orang tua!). Akhirnya ibumu berucap," Gus, maukah kau menjadi suami anakku?"
At, lidahku kelu, aku hanya tersenyum tanpa berkata-kata. Aku merasa menjadi pria terhormat! Sungguh, aku sering merasa diriku tak pantas bagi siapapun, lalu tiba2 seorang ibu memintaku menjadi suami bagi putri semata wayangnya!
At, ibumu menilaiku terlalu tinggi, kita memang saling mengenal dengan baik, rahasia keluarga masing2 kitapun tahu. Tapi apakah kalian tahu siapa aku sesungguhnya?
At, kalian sungguh tak tahu aku! Kalau ibumu mengukur deretan keberhasilanku, beliau tak akan mampu mengukur deretan kegagalanku! Kalau beliau mengatakan kita sederajat, beliau salah dalam menetapkan takaran derajatku!
At, kamu terlalu baik untuk pria sebodoh aku! Setua ini, aku masih sulit membedakan benar dan salah. Aku masih sering (dan selalu) terperosok pada lubang kesalahan yang sama. Sisi kelamku pun menguasai diriku dalam mengambil keputusan. Apakah pria seperti itu yang kau harapkan memimpin keluarga?
At, wanita yang baik akan mendapatkan pria yang baik, pun sebaliknya. Kuyakin kau akan mendapatkan itu...tapi bukan aku! Hingga saat ini aku tidak memberi jawaban atas pinangan ibumu bukan karena aku ingin menggantung atau menyiksa kalian. Bukan!
At, aku berharap waktu 10 bulan bisa merubah pandangan diriku tentang perkawinan dan siapa diriku. Sampai saat ini aku masih belum menemukan jawabannya dan andai kutemukan, jawaban itu akan berbeda dengan harapan kalian.
At, andai kau menikah denganku, tidak serta merta aku bisa membahagiakanmu. Kau jelas tidak bisa bersandar di bahuku, bahuku sudah layu memikul beban deritaku sendiri! Kau tidak bisa memintaku menuntunmu, karena tanganku telah terikat dengan penderitaan yang tak tahu kapan melepasku! Begitupun upaya kerasmu untuk membuatku bahagia, tak akan membuatku bergeming : kau tidak akan pernah memiliki hatiku!
At, katakan kepada ibumu bahwa aku bukan lelaki pilihan(impian) bagimu. Katakan pada beliau, andai kita menikah, kau-lah yang paling menderita karena cinta tidak bisa berjalan dari satu sisi!
At, sejujurnya aku sudah pulang ke Rembang, aku berbohong karena aku tidak bisa bertatap dengan ibumu. Menolak harapan dimatanya membuat aku merasa berdosa. Aku tidak akan sanggup berkata "tidak" bila didepannya, tapi akupun tidak mungkin berkata "ya" sementara aku tidak menginginkannya.
At, aku tidak tahu perasaanmu sesungguhnya, semua yang kau lakukan adalah bentuk bakti seorang anak kepada ibunya. Tapi katakan yang sebenarnya pada beliau, akupun yakin kau tidak mencintaiku. Tidak ada getar (dan chemistry) antara kita sejauh ini!
At, tolong jangan hubungi aku lagi, pupuskan semuanya saat ini......ada banyak pria yang layak bagimu. Aku akan tetap jadi sahabatmu, kukira itu yang terbaik bagi kita.
At, sampaikan maafku kepada ibumu, aku tak bermaksud menyakiti dan menyinggung harga dirinya. Aku harus mengatakan dengan jujur apa kata hatiku...dan apa yang tertulis di sini itulah yang sesungguhnya.
At, aku akan berdoa untukmu...aku yakin tidak lama lagi kau akan menemukan yang layak mendampingimu.
At, maafkan aku!

at 2:00 AM 1 comments

Monday, March 14, 2005

Someone like you!

semalam, tubuhku bolak-balik menunggu indraku mengistirahatkan dirinya. selalu begitu, padahal sudah terlalu malam untuk terlelap. suara indah andrea bocelli tidak juga menentramkan gemuruhku ( malah aku membayangkan dia bertelanjang dada! bulu-bulunya itu lho! dasar otak ngeres! sinting! tapi aku rasa dia itu orang buta paling seksi di dunia... ha3x)
selalu 'jejak langkahnya yang tertinggal' memberatkan tidurku. please, mata! berhentilah membayangkan wajahnya, senyumnya, marahnya, sedihnya!....please, hidung! berhentilah mengendus aroma tubuhnya (kusimpan dalam sebotol parfum....dasar mania!)...please, tangan! berhentilah mengindra sentuhannya! ( glek! aku pernah gak mau cuci tangan sehabis kau sentuh..dasar jorok!)
please, semua indraku! istirahatlah! lelapkan ragaku, ada esok yang harus ku hadapi! siapa tahu ada seseorang yang bisa mendobrak istana pasirku! kuharap, "someone like you"! (harapan kosong yang selalu kugenggam....dasar manusia bodoh!).

at 5:28 PM 2 comments

Sunday, March 13, 2005

Are you my soulmate?

itu bukan judul cerita, atau aku sudah menemukan belahan jiwaku. atau pertanyaan yang kerap terlontar sesaat sebelum seseorang mengikat janji. selalu ada keraguan saat seseorang telah menemukan pendampingnya,selalu muncul pertanyaan :...benarkah dia?...apakah aku tidak salah pilih?
lupakan itu semua, judul dia atas adalah karyaku terbaru untuk pameran akhir bulan nanti. soulmate-ku terdiri lebih dr six element yaitu gabungan :
- karung
- kertas tissue jepang
- tenun gedogan tuban
- tikar pandan
- benang sulam, benang wol
- transparancy leaves
- tali rami
- alang2 kering
- manik2 dan mote
- plastik transparan
- kawat bunga
- pita
- akar beringin ( sedikit)

bayangin, semua bahan itu diramu jadi soulmateku. seperti apa ya? apakah bernyawa? ehm....aku belum bisa menjawabnya sekarang. tunggu saja sampai fotonya menghias blog ini!

at 8:16 PM 2 comments

TRIO WEK-WEK, kita punya jalan masing-masing

semua kehidupan kembali ke asalnya, salesman, sekretaris, tukang tambal, penjaga.............kita semua berusaha mencari jalan kembali ke asal. sulit bagiku untuk menyelesaikan....bayangkan, dirimu berjalan seharian di tengah salju dan ternyata kau hanya berputar-putar di sana.
teriakanku menghilang bersama angin. kau merasa betapa kecil dirimu. seberapa jauh rumahku?
rumah dalam kamus artinya kampung halaman, tujuan yang bernilai. hanya badai dalam pikiranku, dalam perjalanan kutemukan diriku di dalam hutan yang gelap.tersesat!
kuakan temukan jejak yang benar di tempat yang tak diduga.
( rumah sakit jiwa FAIRFAK 1969 : Patch Adams )

081812.....ah, nomor mia! ada sms darimu!
2 bulan sudah menikah...sudah isi belum? jadi ibu dharma wanita pu dong sekarang? beribu pertanyaanku sempat tertahan di hati.
aku jadi kangen celoteh ramainya! kemandiriannya, sedikit over confidentnya ( yg buat cowok2 ngerasa kamu gak butuh pendamping!). kendati pergaulan n cakrawala pandangmu udah ngeglobal, kamu tetap cinta produk lokal! bahkan harus dicomblangin tuk dapetin suami. alhamdulillah, kowe entuk wong jowo ( wong ndeso maneh....ha3x) tapi paten kok! sederhana, pendiam n yg penting bisa jadi imam di keluarga! selamat ya, akhirnya pencarianmu berujung kebahagiaan!
AZIZ, where are you? si sexy dari bekasi, si heartbreaker! setelah jepang, malaysia, siapa lagi pria yang bakal kau tahlukkan? terakhir ketemu kamu...aku pangling. kamu bener2 wanita karir abis! mukamu udah licin! baju n gayamu benar2 eksmud! selamat, semoga sukses selalu! cepat tetapkan pilihanmu ( aku udah gak sabar jadi pagar rubuhmu..ha3x). atau benar gosip tentang cinlokmu dgn teman sekantor? siapapun itu, asal bisa membuatmu bahagia gak masalah! take care!
personal trio wek-wek terakhir ya.....aku!
mia n aziz selalu menanyakan hal2 yang sama sepanjang waktu : kapan kamu nyusul? siapa soulmate-mu? apa sih enaknya jomblo?...........................aku sampai bingung jawabnya.
kalian tahu kan....AKU ALERGI PERNIKAHAN ( aku phobia dengar kata2 : DO YOU MARRY ME? gubrak! aku pilih pingsan daripada ngucapin kata2 itu)
sorry untuk pertanyaan2 di atas aku belum bisa jawab! aku masih menata diriku saat ini! semuanya! ya karirku, lingkungan sosialku....aku ingin waktu bisa menghapus trauma itu! ( kalian pun tahu itu......trauma itu udah ngendap n jadi bagian diriku)
FRIENDS, kita sudah memilih jalan hidup sendiri2, susah-senang akan menjadi bagiannya. tapi apapun pilihan itu, kita akan saling mendukung, mendoakan dan berjanji saling menguatkan!
kalian tahu, tak ada yang lebih indah dari persahabatan kita!!

at 4:09 AM 1 comments

Friday, March 11, 2005

Aku rapuh, tapi aku harus kuat

Saat kau memelukku, aku biarkan. Kuingin meretas rindu yang ada. Sejurus kau berusaha menggapai bibirku, aku menahanmu.
" Aku tak mau terhanyut," aku melepas pelukannya. napasku memburu, sesungguhnya aku menginginkan ciuman itu.
" bukankah kau menginginkannya?"
" ya, sangat! tapi apa artinya? setelah kita reguk habis, kita akan terlempar pada kenyataan yang menyakitkan."
" aku rindu, aku menginginkanmu," dia masih berusaha meraihku.
" tolong! jangan!," aku memohon, aku lebih sering lebur bila berada disisinya," jangan kau khianati cintanya."
" aku masih mencintaimu," elaknya.
" kau pikir aku membencimu? bahu ini sering mendamba pelukmu, tangan ini kangen tuk membelaimu, seluruh indraku terjaga untuk menggapaimu! tapi kita sudah memilih berpisah, jadi hormatilah itu!"
" aku salah telah memilihnya."
aku menghela napas. duh gusti, kuatkan aku! selalu dia punya cara untuk mencoba kembali padaku.
" siapapun tidak akan sempurna di matamu.kau manusia setengah dewa, hanya dewa yang layak bersanding denganmu."
aku ingat saat masih bersama, aku nyaris gila dengan segala kesempurnaannya. aku merasa ternafikan. pun sifatnya yang dominan, membuat hubungan kami timpang.
" siapapun tidak serta merta bisa membawakan kebahagiaan bagi orang lain.kebahagiaan harus diciptakan oleh dua sisi," kataku padanya.
" jangan kau ulangi kesalahanmu padanya.beri dia kesempatan untuk menciptakan kebahagiaan, dan hargai dia. jadikan dia berarti bagimu."
" andai kita tak berpisah?"
" aku tidak akan sedewasa sekarang, kau pun tidak! cinta kita terlalu dangkal, kita akan saling menyakiti kalau mempertahankannya. pulanglah padanya!"
" kau menyuruhku pergi?"
" ya, kembalilah padanya. kau punya dia dan cinta, syukurilah itu. aku memang rapuh, tapi tanpamu aku lebih kuat!"
( aku bohong, aku begitu rapuh! aku lebih takut dari yang kuakui! aku selalu menangis diam-diam bila mengenangnya. tapi aku ingin dia tahu, aku masih sanggup berdiri tanpanya!)
thanks desi fitri tuk "puing-puing hati". it's my inspiration!

at 5:36 PM 1 comments

Thursday, March 10, 2005

Passion Way

biarkan diriku, dengan cintaku
dengan kenanganku, dengan khayalanku
biarkan diriku dengan cintaku
kau akan selalu dalam hatiku....
( biarkan diriku by harvey )

aku menguatkan hatiku untuk menempuh sisa hidup tanpamu. aku menghibur diri, bahwa bumi masih berputar dan matahari esok masih bersinar. aku berharap semua tetap sama setelah kepergianmu.
tapi aku salah! bumi tetap berputar tapi aku diam dalam rotasinya, matahari tak lelah menghangatkan bumi tapi aku kedinginan dalam naungannya.
duh gusti, salahkah caraku mencintainya? kuharapkan waktu akan berkenan memupusnya. tapi waktu seakan berkhianat, pendar-pendarnya masih menyesakkan napasku, menyumbat pori-poriku dan melemahkan indraku.
duh gusti, renggutlah hasrat itu dariku. mungkin dengan merasakan suri, aku tak lagi memendam penderitaan serupa ini.
aku lelah meniti cinta, karena aku telah kehilangan banyak namun tak sedikitpun yang tertinggal ( walau sekedar singgah!).................................

at 3:43 AM 3 comments

Wednesday, March 09, 2005

I'ts about the MOVIE 2

theresa...
jika beberapa bentuk hidup adalah lingkaran yang sempurna, yang lain mengambil bentuk dalam cara-cara yang tidak bisa kita ramalkan atau dimengerti.
kehilangan adalah bagian dari perjalananku. tapi dia telah memperlihatkan padaku apa yang berharga.
aku punya cinta dan aku selalu bisa berterima kasih untuk itu.
( massage in a bottle )


to be continue

at 5:18 PM 1 comments

I miss U

sesayu tatapanmu
dihembus angin lalu
dan bayang2mu kekasih
menyapukan cahaya...
jalan hidup kita berbeda
meski ada hasrat bersama
damai yang kucari
dihembusan angin lalu
ternyata, hanya harap semu
( by harvey m )

aku menemukan suratmu di sela2 tumpukan buku usangku. kertasnya sudah kuyu, lima tahun yang lalu kau mengirimkannya. tiba2 kerinduan itu meluap seperti air pasang.
aku menyentuhnya pelan, takut terkoyak. karena inilah satu2nya kenangan darimu yang sanggup kucerna.
" i miss you"
kau menulisnya dengan tinta merah, aku tahu kau menulis dengan kemarahan atas keras kepalaku. aku mendiamkanmu hampir 2 minggu, aku hanya ingin kau menulis sedikit untukku. aku hanya ingin kau bisa mengungkapkan isi hatimu lewat tulisan.
kau tahu, dengan menulis kau mengasah semua indramu, lain dengan sekedar kata2 terucap! kau memang tidak punya sisi romantis, tapi aku tidak butuh itu! aku ingin kau menulis dengan kejujuran. tulislah, apapun yang kau rasa dan kau ingin!
akhirnya kau mengalah demi aku, surat2 singkatmu mampu merajut hubungan kita. sampai pada kenyataan, kau menulis surat perpisahan untukku:
aku telah menemukan dermagaku
kurasa, kita tak mungkin bersatu
maafkan aku!
terima kasih untuk cinta dan segala yang telah kau beri
aku menitikkan airmata untuk itu, kau akhirnya menulis dengan begitu indah. aku tak sanggup menyimpannya, kuterbangkan bersama angin dan kutitipkan sebagian hatiku pda hembusannya.
aku tidak pernah mendengar kabarmu setelah itu, akupun tidak ingin mengganggumu. kau sudah memilih jalan hidupmu dan aku tidak menyalahkanmu untuk itu.karena aku begitu mencintaimu.
kau tahu?.........hingga kini.......I MISS YOU


at 4:59 PM 1 comments

Tuesday, March 08, 2005

Danang...thanks for all!

Sepuluh tahun, aku memupus pertemanan kita meski kau tak jeda bertanya kabarku lewat keluargaku.Aku tak bermaksud apapun, tak ada kabar baru yang patut kau dengar, pun tak ada prestasi besar untuk kau rayakan.
Tolol, kalau aku sampai melupakanmu. Setiap hari kita menikmati buah 'kersen' di depan rumahmu, kendati masih hijau n pahit. Kita biasa menghabiskan waktu sepulang sekolah sambil memperhatikan 'kera usil' yang terikat pada pohon itu. Atau bermain ombak di rumah pantaimu, setiap hari terpanggang sang surya hingga kulit hitam legam n berbaring di atas pasir menunggu pakaian kita kering kembali. Pun saat sekujur tubuh memerah tersengat ubur-ubur, kita masih tertawa gembira menikmati semuanya. Ah, indahnya masa kecil!
Kemarin aku mengunjungimu, mengeratkan kembali pertemanan kita sekaligus membagi sejuta peristiwa yang kulalui selama di perantauan. Kau tidak banyak berubah, tetap kurus dengan kacamata pantat botol di matamu dan ditambah janggut pendek di dagumu. Kamu sudah jadi bapak! Selamat, kau memiliki gadis kecil berambut ikal berumur 2 tahun yang lucu!
Aku sempat tersekat, kaget n trenyuh dgn musibah yg menimpa kakak n kakak iparmu, kini kau harus menjadi orang tua pengganti bagi ketiga keponakanmu yang masih belia. Maaf ya Nang, aku tidak mendengar musibah itu. Aku yakin, Yang Kuasa memilihmu karena kamu bisa menjadi ayah, teman dan kepala keluarga bagi mereka. Tuhan tidak akan lepas untuk menuntunmu dan aku akan berdoa untuk itu.
Berbincang selama 2 jam denganmu seperti kuliah S2 yang kutamatkan dalam semalam, banyak hal yang kudapat darimu. Kesederhanaan, ketulusan, kepasrahan dan keberanian menjalani hidup kau tunjukkan dengan bersahaja. Sungguh, aku mengakui kekalahanku kali ini.
Kau ajarkan aku banyak hal, bahwa bukan harta, tahta n segala hal yang berbau dunia yang menentukan kesuksesan seseorang. Kesuksesan adalah saat hidup kita berarti bagi orang lain, apapun bentuknya itu.
Thanks Nang, kau tetap salah satu sahabat terbaikku. Semoga jalan hidupmu yang tak kalah berliku bisa menjadi inspirasiku untuk meraih mimpi-mimpi!
( sekelumit kisah dari rembang )

at 4:55 AM 0 comments

Saturday, March 05, 2005

It's about the MOVIE

Tiga atau empat kali sudah aku nonton filmnya, dua kali membaca novelnya. Tetap saja aku jengah dan iri pada Garret n Chaterine, begitu indah cara mereka saling mencintai....ini sedikit kutipannya:
Dear Garret,
untuk semua kapal di laut, untuk keluargaku, untuk semua teman dan orang asing. Ini adalah pesan dan doa. Pesannya adalah : perantauanku mengajariku kebenaran hebat. Aku sudah memiliki apa yang dicari semua orang. Dan hanya beberapa yang menemukannya. Satu-satunya orang di dunia yang dilahirkan untuk mencintai orang sepertiku, dari outer banks dan misteri biru atlantik. Orang yang kaya dalam kekayaan sederhana, sebuah pelabuhan di mana aku merasa berada di rumah selamanya. Dan tak ada angin, atau masalah, atau kematian bisa merubuhkan rumah ini.
Doanya adalah : Semoga semua orang di dunia bisa mengetahui cinta seperti ini dan disembuhkan olehnya. Jika doaku terkabul, segala kesalahan dan penyesalan tidak akan timbul dan akan merupakan pengakhiran terhadap segala kemarahan. Tolonglah Tuhan
Dear Catherine
Maaf, sudah lama aku tidak bisa bicara denganmu. Aku merasa tersesat, tak punya arah tujuan.Aku sering menyenggol barang2, sedikit sinting kukira. Aku tidak pernah tersesat sebelumnya, kau adalah petunjuk arahku, aku selalu bisa mengarah pulang bila kau adalah rumahku. Maafkan aku karena marah ketika kau pergi, aku masih mengira telah terjadi kesalahan dan aku masih menunggu pembalasan dari Tuhan. Tapi aku lebih baik sekarang, pekerjaan membantuku.Terutama kau juga membantuku.Kau datang ke dalam mimpiku semalam dan senyumanmu itu yang selalu membantuku seperti seorang kekasih, mengayun-ayunku seperti seorang bayi. Yang kuingat dari mimpi itu adalah perasaan damai.
to be continue
( massage in a bottle )

at 1:45 AM 5 comments

Friday, March 04, 2005

tlah tanggal sebutir hariku
ditelan kebisuan waktu
tanpa ragu dan malu-malu
lilin-lilinpun meniupkan sisa usiaku
..........................( by harvey m )

Malam pekat mendekap bumi , membuat binatang malam enggan keluar dari sarangnya. Semuanya seperti menunggu akhir kisah kami.
" Kamu pasti cepat melupakan aku." katanya lirih tanpa menoleh.
Aku coba meraba wajahnya dengan sorotku, ah betapa aku akan merindukannya," Bagaimana bisa? Sebagian akan hilang bersama pergimu."
Aku sentuh bahunya sekilas, dia tidak juga menoleh, mungkin dia takut tatapannya akan melukaiku.Diam rasanya lebih baik malam itu, kata-kata akan menambah berat perpisahan.
" Jangan menunggu aku, aku akan bahagia bila tempatku segera tergantikan. Berjanjilah! Demi aku!" kali ini dia menoleh, dengan tatapan berjuta luka.
Aku tertunduk.Mencoba melawan tatapnya aku yakin tak sanggup," Jangan hiraukan aku. Aku sudah bahagia bisa mencintaimu, itu sudah cukup."
Dia mengenggam tanganku, kami saling membisu mencoba menuntaskan rindu lewat hangatnya nadi darah yang mengalir dari genggaman kami.
Akhirnya," Aku pulang. Jaga dirimu."
Aku mengangguk dalam, menatap kepergiannya hingga bayangannya menyatu dengan pekat malam. Aku tahu, sejak itu .......jiwaku tidak bebas mencintai lagi karena sebagian dariku telah pergi bersama bayangannya.

( i'll be there for you)

at 6:09 AM 3 comments

  • didats