Monday, May 01, 2006

Pahlawanku

hari ini 2 Mei, hari yang dilewatkan begitu banyak orang dan sedikit sekali yang peduli kalau semua guru di Indonesia sedang berulang tahun. seharusnya mereka diliburkan dr aktivitas apapun untuk sedikit memberi mereka keriangan dari bermacam himpitan masalah ekonomi yang tak pernah henti mewarnai hidup mereka.

guru bagiku orang2 yang punya tempat khusus, setelah kedua orangtua dan keluargaku, merekalah yang layak mendapatkan ucapan terima kasih (walaupun itu tidak cukup) atas apa yang kucapai selama ini.
budi pekerti, sopan santun dan hal-hal yang dianggap orang sepele, ditanamkan dengan baik di dalam diriku. aku mensyukurinya karena ajaran2 itu membuatku mudah membawa diri dimanapun aku berada.
sejak tk guru-guruku tidak henti mengeksplorasi bakat dan kemampuanku di bidang seni. dari kelas 3 sd, aku yang merasa baru lancar membaca sudah dikenalkan dengan karya sastra bernama"puisi". hingga aku bosen berkali2 ikut lomba sampai kelas 6 sd. di kelas 5, guruku yang lain merasa suaraku cukup seksi...hahahaha, karena kebetulan aku aktif juga di karawitan, aku dicemplungkan untuk ikut lomba2 macapat (nyanyi lagu jawa klasik dan kalau lomba aku pakai kain+blangkon, persis dalang....masalahnya kl pingin pipis susah..hihihi) dan lomba macapat seperti itu aku ikuti hingga smp.
di smp, nemu guru seni rupa yang asyik (tapi terkenal playboy.... hahaha), kegemaranku corat-coret akhirnya tersalurkan, sayang aku tidak pernah bisa memenuhi keinginan beliau untuk ikut lomba karena saat porseni tiba aku selalu dihadapkan pada 3 pilihan : ikut lomba macapat, membaca puisi atau melukis? bingung! gara-gara guru kesenian daerahku tetangga rumah, aku sejak jauh2 hari sudah disandera di rumahnya untuk latihan macapat, mau nggak mau aku lepaskan kesempatan untuk mengikuti lomba yang lain.
di smp juga aku mulai hobby menulis, guru bahasaku sangat eksentrik (sedikit jutek, galak tapi baik) dan hobbyku menulis semakin menjadi-jadi saat majalah dinding diperkenalkan padaku. meskipun aku tidak pernah mengikuti lomba menulis apapun, kusyukuri kesempatan itu karena membuatku menjadikan menulis sebagai kebutuhan, aku akan merasa kehilangan bila sehari saja tidak melakukannya.
kegemilangan prestasi di tk, sd dan smp memang tidak aku ulang di sma, aku tidak menemukan satupun guru yang membuatku respek dan hormat. aku tidak menemukan sahabat, lain dengan guru-guru di tingkat sebelumnya yang merengkuhku sebagai anak yang harus dibimbing dan menganggapku sebagai sahabat, dimana pendapatku dihargai dan didengarkan.
tapi sma tetap menghadirkan satu kenangan indah, aku mengenal teater, meskipun instrukturnya orang luar sekolah. merinding..merasa kemasukan ruh lain saat aku menghadirkan tokoh tertentu dalam diriku. sampai kini aku masih ketagihan, dan berharap suatu saat punya kesempatan untuk berteater lagi. ada yang mau ngajak?
dan tiga tahun lalu, aku menemukan guru2, teman dan sahabat di museum tekstil, yang membuat mataku terbuka dan sadar untuk mengenal warisan budaya yang bernama "batik". meskipun aku bukan ahlinya, tapi kemampuanku dihargai dan mendapat apresiasi. bahkan beberapa blogger narsis berhasil kutulari "demam batik".
banyak peran guru yang tak terhitung lagi, karena mereka juga kemampuan otak kanan dan kiriku nyaris seimbang. aku bukan orang pintar, tapi aku selalu bisa menjadi salah satu yang diperhitungkan karena guru2ku selalu bisa memotivasi aku untuk melakukan yang terbaik dan mereka selalu percaya bahwa aku bisa melakukannya.
GURU
bila aku bisa memberikan seluruh isi jagat,
akan kuberikan meskipun itu takkan cukup membalas semua jasamu.
terima kasih untuk semua keindahan yang telah kau hadirkan dalam hidupku.
terima kasih pahlawanku!

at 5:06 PM

12 Comments:

Blogger olenktop said...

ayooooo sekolah lagi :D

12:55 AM  
Blogger bagus_aa29 said...

hahaha.hiiii.huuuu.heee...juga. upacara? wah, aku msh sering tuh

1:51 AM  
Blogger blanthik_ayu said...

aku yo mbok diajari mbatik...hihihihi utowo sampeyan ngidung mocopat tak rungok-ke hehehe

3:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

terpujilah wahai engkau, ibu bapak guru,
namamu akan selalu hidup dalam sanubariku,
semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku,
sbagai prasasti, trima kasihku
tuk pengabdianmu

engkau bagai pelita, dalam kegelapan,
engkau laksana embun penyejuk
dalam kehausan,
engkau patriot pahlawan bangsa
tanpa tanda jasa ...

5:38 AM  
Blogger Lili said...

nanti ada laporan hasil wawancara Ummi sama Pak Arief di BlogFam magazine, kalau terbitan mei udah muncul click ke sana waaaa karena so pasti ttg GURU

3:36 AM  
Blogger Sisca said...

Mas Bagus, sang guru berpesan, ucapan terima kasih hendaklah berupa karya. Kuakui guru adalah pahlawan dgn berjuta jasa..bukan tanda tanda jasa..seperti hymnenya.*salah yg cipta* hehehe

5:56 AM  
Blogger Unknown said...

den bagus, met hari pendidikan nasional ya?

11:28 AM  
Anonymous Anonymous said...

Kalau nggak salah ada lagu tentang guru kan? Ingat dulu waktu SD suka nyanyi ini pas hardiknas :) Pasti pernah nyanyi lagu ini juga, atau malah di-macapat-kan? :D
doel

2:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

semoga makin banyak guru yang idealis .. ketimbang ekonomis ....
sementara struktur (kurikulum) tidak memungkinkan perubahan .. guru-guru idealis mesti berani kreatif!!

Yah .. kalo bagi gue .. wajah guru itu miris ... banyak yg kompromis dengan sistem pendidikan kita yang membodohi ...

salam kenal ... :)

7:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

Masih seneng karawitan tho? Wah...jarang2 nih.. :D

7:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP State of massachusetts camping Arbonne+rosacea Air cleaners purifiers at puritec Jarsey backpacks Celexa+medicine San digeo costume contact lenses Flower image gallery Biofeedback help quit smoking Downloadable email lists breast enlargement cosmetic surgery uk Ontario agri business insurance Ford lightning belt diagram dodge caliber interior pictures Brown milfs ginseng good impotence Cornelia bathtub Cracked sky force ppc Travel prague to Market patents Southern health services fax va

3:45 PM  
Anonymous Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. clinton cosmetic dentistry mutual funds Leather sofa shops 37.5mg phentermine tablet http://www.movingcompany0.info north american moving company Ontario dual sport Lead + air pollution + cancer Game pda pocket

5:42 AM  

Post a Comment

<< Home

  • didats